Smkn 2 Banjarmasin
Visi
dan Misi
Visi SMK Negeri 2 Banjarmasin adalah
:
Menjadi
Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Kejuruan Terpadu Yang Berbasis ICT dan Menuju
Sekolah Bertaraf Internasional
Misi SMK Negeri 2 Banjarmasin adalah
:
a.Melaksanakan layanan pendidikan dan pelatihan bagi
masyarakat secara efektif dan efesien untuk menghasilkan tamatan sesuai dengan
Standar Nasional Pendidikan dalam rangka menuju Sekolah Bertaraf Internasional
pada Program Keahlian:
(1)Pekerjaan
Sosial
(2)Teknik
Komputer dan Jaringan
(3)Multimedia
b.Melaksanakan layanan TPA, PAUD / TK,dan Autis kepada
masyarakat sebagai bagian dari laboratorium program keahlian Pekerjaan Sosial.
c.Memberikan layanan jasa pembuatan Program Aplikasi (Web
Design), Servis Komputer, Pemasangan Jaringan,dan layanan internet kepada
masyarakat (sebagai bagian dari laboratorium TIK).
d.Melaksanakan layanan koneksi internet kepada
sekolah-sekolah di wilayah Kota Banjarmasin melalui Jardiknas atau koneksi
lainnya (sebagai ICT Center).
e.Menciptakan iklim kerja dan lingkungan kerja yang
kondusif.
f.Mengembangkan / membuka program keahlian Broadcasting /
Penyiaran.
KOMPETISI KEAHLIAN :
1.Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
2.Perawatan Sosial (Peksos)
3.Multimedia (MM)
4.Teknik Broadcasting (BCT)
5.Animasi (AM)
1.Teknik
Komputer & Jaringan
A. Latar Belakang
Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam beberapa tahun terakhir sangat pesat.
Pesatnya perkembangan ini harus diikuti dengan kemampuan Sumber Daya Manusia
yang memiliki kemampuan merancang, mengoprasikan, memelihara dan memperbaiki
sistem komputer.
Langkah
strategis yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesulitan geografis
ini adalah dengan memanfaatkan teknologi tersebut sebagai tools dalam
proses pembelajaran dan tools manajemen pendidikan, maka penggunaan
sistem dengan teknologi Informasi dan Komunikasi Komputer secara multimedia
adalah mutlak diterapkan pada dunia pendidikan.
B. Visi dan Misi
Visi
program teknisi jardiknas adalah mencetak tenaga IT dalam bidang Komputer dan
Jaringan sesuai standar Kompetensi Nasional maupun Internasional, dengan
memperhatikan efektivitas dan efisiensi Pendidikan.
Misi
program teknisi jardiknas dalam mendukung pencapaian visi tersebut adalah :
1.Mempersiapkan SDM bidang Komputer dan Jaringan berstandar
Nasional dan Internasional.
2.Menyediakan pola perkuliahan yang efektif dan efisien
sesuai kebutuhan dunia kerja.
3.Menjalin kerjasama dengan pemangku penyelenggara
pendidikan guna memastikan validitas dan kesesuaian materi perkuliahan.
C. TUJUAN
1.Mencipatakan tenaga teknisi Komputer dan Jaringan
berstandar Nasional dan Internasional.
2.Menciptakan tenaga teknisi Komputer dan Jaringan yang
memiliki kemampuan merawat, menjaga dan memperbaiki dengan hasil yang
profesional
Sedikit Tambahan Tentang Konsep
Program
Salah
satu tujuan utama dari program ini adalah menyiapkan tenaga-tenaga yang
terampil dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Standar kompetensi yang
menjadi acuan adalah Standar Kompetensi Kerja Nasioanal Indonesia (SKKNI) dalam
bidang TIK yang dikeluarkan oleh Asosiasi dan Perusahaan yang terkait dalam
bidang TIK, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Kominfo dan Departemen
Pendidikan Nasional. Seluruh standar ini telah melalui konvensi bersama dan
dinyatakan sah sebagai sebuah standar dalam bidang masing-masing. Adapun SKKNI
yang digunakan dalam program TKJ ini adalah :
1.SKKNI
Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
2.SKKNI
Computer Technical Support
Program
keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah program pertama dalam bidang keahlian
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digulirkan oleh SMK Negeri 2
Banjarmasin. Tujuan program keahlian Teknik Komputer Jaringan adalah membekali
peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
1.Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstall
sistem operasi dan aplikasi.
2.Menginsgtalasi perangkat jaringan berbasis lokal dan luas
3.Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis
luas
Dengan
kompetensi ;
1.Menginstalasi PC
2.Mendiagnosis permasalahan pengoperasian
PC dan periferal
3.Melakukan perbaikan dan / atau
setting ulang sistem PC
4.Melakukan perbaikan periferal
5.Melakukan perawatan PC
6.Melakukan perawatan periferal
7.Menginstalasi sistem operasi
berbasis GUI (Graphical User Interface)
8.Menginstalasi sistem operasi
berbasis text
9.Menginstalasi software
10.Mem-Back-Up dan Me-Restore
software
11.Menginstalasi perangkat jaringan
lokal (Local Area Network)
12.Mendiagnosis permasalahan
pengoperasian PC yang tersambung jaringan
13.Melakukan perbaikan dan/atau setting
ulang koneksi jaringan
14.Menginstalasi sistem operasi
jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
15.Menginstalasi sistem operasi
jaringan berbasis text
16.Menginstalasi perangkat jaringan
berbasis luas (Wide Area Network )
17.Mendiagnosis permasalahan perangkat
yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
18.Melakukan perbaikan dan/atau setting
ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
19.Mengadministrasi server dalam jaringan
20.Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
Materi tambahan :
1.Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika
2.Pemanfaatan Aplikasi Multimedia
3.Pemrograman Web Design
Ruang
lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang
tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Informatika pada jenjang SMK
antara lain adalah:
1.Toko Komputer : Teknisi Komputer
2.Perkantoran : Teknisi Komputer
3.Teknisi Jaringan
4.Internet Service Provider (ISP) : Teknisi Jaringan
5.Administrator Jaringan Level 1
6.Administrator Jaringan Level 2 & 3
Dengan
memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan
Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga dimungkinkan mengelola dan
atau berwirausaha di bidang Komputer dan Jaringan.
Prestasi
- Prestasi
- Juara I LKS SMK Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2010
- Peringkat ke 7 Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat Nasional di Jakarta Tahun 2010
- Juara I LKS SMK Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2011
- Juara Harapan 1 LKS SMK Bidang Lomba IT Networking Support Tingkat Nasional ke XX Tahun 2012.
- 2.Perawatan Sosial
A. Latar Belakang
1.
Program Keahlian Tehnologi Pekerjaan Sosial pertama kali dibuka pada tahun 1952
dengan nama Sekolah Pendidikan Kemasyarakatan (SPK). Pembukaannya dimaksudkan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga pembimbing/penyuluh sosial lapangan.
2.
Pada perkembangan berikutnya tenaga pembimbing/penyuluh sosial tidak hanya
diperlukan di tengah komunitas masyarakat. Akan tetapi juga di lembaga-lembaga
pelayanan sosial kemasyarakatan seperti di panti sosial, puskesmas, rumah
sakit, lembaga pemasyarakatan, panti rehabilitasi, dan unit-unit pelayanan
sosial bagi warga masyarakat yang memiliki permasalahan keberfungsisosialan
lainnya. Pada era ini tumbuh program keahlian pekerjaan sosial pengembangan
masyarakat, rehabilitasi sosial, koreksional, dan pekerjaan sosial medis.
3.
Seiring dengan berkembangnya kondisi dinamis ketenagakerjaan di Indonesia dan
perubahan pola kebutuhan masyarakat, dunia industri/dunia kerja, serta semakin
luas dan kompleksnya permasalahan kehidupan sosial yang ditandai dengan
berubahnya fungsi-fungsi kehidupan keluarga dan relasi-relasi sosial
kemasyarakatan telah mendorong tumbuhnya pelayanan jasa pengasuhan sosial anak,
pelayanan sosial lanjut usia, pelayanan akses dan kebutuhan pelayanan
data/informasi untuk kegiatan riset sosial, social marketing maupun kebutuhan
aplikasi kegiatan sosial ekonomi lainnya. Keadaan tersebut menjadi peluang
sekaligus tantangan tersendiri bagi program keahlian pekerjaan sosial SMK
Negeri 2 Banjarmasin.
4.
Menjadi peluang, karena semakin luasnya lapangan kerja yang tersedia,
sampai-sampai banyak lulusan dari disiplin ilmu lain baik tingkat menengah
maupun lulusan perguruan tinggi berkiprah di bidang pekerjaan sosial. Menjadi
tantangan karena pada saat yang sama kondisi sekolah menengah pekerjaan sosial
di seluruh Indonesia dan perhatian pemerintah terhadapnya berada pada titik
terendah. Hal ini antara lain ditandai dengan menurunnya animo calon siswa,
tidak jelasnya penyelesaian standar kompetensi nasional dan kurikulum untuk
keahlian pekerjaan sosial serta tidak tersedianya buku-buku pelajaran baru baik
untuk reperensi guru maupun buku pegangan siswa.
5.
Pada tahun 1997 untuk pertama kalinya program keahlian pekerjaan sosial SMK
Negeri 2 Banjarmasin secara swadaya mencoba bangkit dengan membuka unit
produksi Taman Pengasuhan Anak Bina Sejahtera. Pendirian unit produksi yang
sekaligus menjadi laboratorium praktek ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya
untuk menjawab kebutuhan masyarakat, menjadi lapangan kerja bagi para lulusan,
tempat praktek siswa dan sekaligus sebagai salah satu sumber pendanaan bagi
peningkatan kesejahteraan guru dan pengembangan sekolah.
6.
Upaya lainnya dilakukan dengan pengurangan lama studi dari 4 tahun menjadi 3
tahun, mengembangkan konsentrasi bidang keahlian pelayanan sosial anak, lanjut
usia, terafi sosial/prilaku autisme, memperluas jaringan kerjasama kemitraan
dengan perguruan tinggi, LSM lokal dan nasional, asosiasi profesi pekerjaan sosial,
asosiasi pendidik/tenaga kependidikan anak usia dini (HIMPAUDI) pemberian bea
siswa PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) serta mencoba mengenalkan program
keahlian dengan nama Teknologi Pekerjaan Sosial.
7.
Pengenalan nama Teknologi Pekerjaan Sosial tidak semata-mata sebagai startegi
pemasaran akan tetapi lebih jauh dari itu sekaligus sebagai penegasan mengenai
bidang kompetensi yang ingin dikembangkan untuk lebih fokus kepada penguasaan
metoda dan teknik-teknik pendekatan praktis dalam praktek pekerjaan sosial yang
secara psikologis maupun teknis profesi mampu diaplikasikan dan
dipertanggungjawabkan oleh para lulusan tingkat menengah.
8.
Disadari benar bahwa langkah ke arah pembenahan dan pegembangan tersebut
tidaklah mudah. Untuk lebih menguatkan tekad bersama
berbekal potensi lokal, mulai tahun 2006 program keahlian pekerjaan
sosial mencanangkan program standar nasional.
B. VISI dan MISI
Visi 2020
Program
keahlian pekerjaan sosial menjadi lembaga diklat profesional kejuruan lokal
yang handal berstandar nasional/internasional.
Misi
1.
Mengembangkan program diklat keahlian pekerjaan sosial yang sesuai dengan
potensi dan kebutuhan masyarakat/dunia usaha/industri lokal, nasional dan
global.
2.
Menjadi mitra nasional/global bagi masyarakat, dunia kerja/industri di
Banjarmasin dalam pengembangan program keahlian pekerjaan sosial, pengembangan
unit produksi serta model-model pelayanan sosial
3.
Menjadi mitra lokal yang handal bagi lembaga pendidikan dan dunia kerja/
industri nasional/global dalam pengembangan kompetensi, profesionalisme yang
sesuai dengan tuntutan potensi/kebutuhan warga masyarakat.
- 3.Multimedia
TujuanProgramKeahlian
Multimedia secara umum mengacupada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
(UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15
yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang
mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.Secara
khusus tujuanProgramKeahlian multimedia adalah membekalipeserta didik dengan
keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
a.mengoperasikan software dan periferal digital
illustration, digital imaging, dan web design
b.mengoperasikan software dan periferal multimedia,
presentation,2D animation, dan 3D animation
c.mengoperasikan software dan periferal digital audio ,
digital video, dan visual effects
PROFIL
KOMPETENSI LULUSAN
Profil
kompetensi lulusan SMK Program Multimedia terdiri dari kompetensi umum dan
kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci.
Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup
generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.
1.Kompetensi Umum
a.Tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
1.Beriman dan Bertaqwa
2.Berakhlak Mulia
3.Sehat
4.Cakap
5.Kreatif
6.Mandiri
7.Demokratis
8.Tanggung Jawab
b.Tuntutan Dunia Kerja/industri
1
Disiplin
2
Jujur
2.Kompetensi Kejuruan
a.Operator WEB
1.Mengoperasikan Pereferal Grafis
2.Melakukan entry data (grafis) dengan image scanner (level
1)
3.Mengoperasikan software pengolah gambar vektor
4.Menoperasikan software pengolah gambar raster
5.Mengoperasikan pereferal WEB
6.Melakukan entry data (web) dengan image scanner (level 2)
7.Mengoperasikan software web design
8.Menoperasikan softare animasi 2 D
9.Mengoperasikan software FTP
b.Operator Multimedia Madya
1.Menoperasikan pereferal Multimedia
2.Melakukan entry data (multimedia) dengan image scanner
(level 2 )
3.Mengoperasikan software multimedia
4.Mengoperasikan software persentase (level 2)
5.Mengoperasikan pereferal animasi 3D
6.Mengoperasikan softare basic 3D animation (level 1)
7.Mengoperasikan softare model 3D animation (level 2)
c.Operator Multimedia unggul
1.Mengoperasikan Pereferal perekam suara
2.Mengoperasikan Pereferal perekam gambar
3.Mengoperasikan Software digital Audio
4.Mengoperasikan software digital Video
5.Mengoperasikan software Visual Effect
RUANG
LINGKUP PEKERJAAN
Ruang lingkup
pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan
atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI
Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
a.Pengembang WEB (web development)
b.Pengembang Multimedia (multimedia development)
c.Pengembang Permainan (game development)
d.Rumah produksi sinema dan film (production house)
e.Industri media dan periklanan (media and advertisement)
4.Broadcasting
PROGRAM
KEAHLIAN PRODUKSI PROGRAM PERTELEVISIAN
Tujuan program keahlian Produksi Program Pertelevisian adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap agar kompeten dalam:
1.
Memelihara dan mengoperasikan peralatan Produksi Program
Pertelevisian
2.
Mengoperasikan kamera untuk pengambilan gambar
3.
Menyiapkan dan mengoperasikan sistem perekam suara
4.
Menyiapkan dan mengatur sistem pencahayaan
5.
Melakukan proses editing
6.
Merencanakan dan melaksanakan produksi program pertelevisian
7.
Melakukan setting artistik
Standar
Kompetensi Lulusan SMK
- Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
- Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
- Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
- Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
- Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
- Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
- Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
- Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
- Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
- Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
- Mengapresiasi karya seni dan budaya
- Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
- Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
- Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
- Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
- Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
5.ANIMASI
Program Animasi baru 1 tahun di laksanakan di
SMKn 2 Banjarmasin
0 komentar:
Post a Comment